Monday, January 28, 2013

Tabel dan Grafik Cita-cita


Saya merasa beruntung mendapat tugas mengenai tabel dan grafik cita-cita. Jika tugas ini tidak ada, sebelumnya dan sampai sekarang ini saya tidak tahu seperti apa usaha dan mimpi yang sudah tercapai atau belum. Terima kasih saya ucapkan kepada dosen mata kuliah Arsitektur dan Lingkungan yang memberikan tugas ini.

Tahun
Cita-cita
Keterangan
1998
Diterima di SD Pemuda Bangsa
GAGAL. Saat itu saya masih kurang usia 1 tahun, dan akhirnya melanjutkan sekolah di SDN Mekarjaya 11 selama 1 tahun
1999
Diterima di SD Pemuda Bangsa
BERHASIL. Saya pindah sekolah di SD Pemuda Bangsa. Saya mengulang sekolah dasar dari kelas 1 lagi.
2005
Diterima di SMP Negeri 4 Depok
BERHASIL. Aman selama 3 hari proses jurnal berdasarkan perhitungan nem
2006
Menjadi Ketua Umum OSIS
BERHASIL. Pengalaman dan kesempatan berharga
2008
Diterima di SMA Negeri 3 Depok
BERHASIL. Aman selama 3 hari proses jurnal berdasarkan perhitungan nem
2010
Terpilih sebagai kandidat seleksi SNMPTN Undangan
BERHASIL. 20 besar setiap kelas berhak mengikuti SNMPTN Undangan (saya ada di rank 17)
2011
Lolos SNMPTN Undangan
GAGAL. Tersisih oleh teman dengan pilihan jurusan yg sama dan akumulasi nilai yg lebih tinggi

Lolos SNMPTN Tertulis
GAGAL. Tidak menulis kode soal TPA yg persentase nilainya 60%. Tidak pernah berhasil dalam try out-try out sebelumnya

Diterima di FT-UI Jurusan Arsitektur
GAGAL. Tidak putus asa karena mimpi terbesar saya yg sebenarnya adalah Jurusan Arsitektur, bukan Universitas Indonesia

Lolos PMDK FTSP-UG Jurusan Teknik Arsitektur
BERHASIL. Universitas Gunadarma yg menjawab mimpi terbesar saya saat itu
2012
IP > 3
BERHASIL. Susah payah mencapainya

Lulus English Conversation Program LBPP LIA Depok
BERHASIL. Dukungan dari orang tua sangat berarti

IPK > 3
BERHASIL. Susah payah mencapainya
2013
IPK = 4 dan Beasiswa sampai lulus
Bismillah semoga ada jalannya
2014
Lulus Penulisan Ilmiah dengan nilai memuaskan
Bismillah semoga ada jalannya
2015
Lulus S1 tepat waktu dengan nilai memuaskan
Bismillah semoga ada jalannya
2016
Menikah
Bismillah semoga ada jalannya

Bekerja dari rumah
Bismillah semoga ada jalannya

Menjadi Arsitek
Bismillah semoga ada jalannya
2017
Melahirkan anak pertama
Bismillah semoga ada jalannya
2021
Melahirkan anak kedua
Bismillah semoga ada jalannya

Memiliki rumah
Bismillah semoga ada jalannya
2023
Naik Haji
Bismillah semoga ada jalannya
2024
Mengumrohkan orang tua
Bismillah semoga ada jalannya
2025
Beasiswa S2 Teknik Arsitektur di Eropa
Bismillah semoga ada jalannya
2027
Mempunyai proyek di luar negeri
Bismillah semoga ada jalannya



 
Dapat saya simpulkan berdasarkan perjalanan cita-cita dalam hidup saya bahwa untuk mencapai cita-cita tidak bisa hanya dengan usaha yang kecil, namun dibutuhkan pengorbanan yang persentasenya setara dengan cita-cita yang diinginkan. Selain itu, kegagalan janganlah dijadikan sebagai sesuatu yang memalukan, justru kegagalanlah yang menjadi jembatan keberhasilan kita. Allah Maha Tahu apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Maka jangan bersedih ketika cita-cita belum tercapai, sebenarnya di balik itu semua ada jawaban terbaik bahkan jauh lebih baik dari cita-cita yang kita inginkan. Ingat, Allah bersama prasangka hamba-Nya. Keep optimistic but don’t be takabur ;)

1 comment:

  1. OK...PASTIKAN UNTUK SELALU MELIHAT DAN MEREVIEW KE TAHAP2 DALAM MENCAPAI TUJUAN HIDUP


    FURUHITHO

    ReplyDelete