Monday, January 28, 2013

Keyakinan + Usaha + Doa = Mencapai Mimpi

Seringkali kita mendengar ungkapan yang menyatakan bahwa untuk mencapai mimpi dibutuhkan usaha dan doa. Di samping itu perjuangan dan pengorbanan juga berada dalam satu paket bersama usaha dan doa. Keyakinan akan mimpi yang ingin diraih juga menjadi modal spirit untuk hal yang akan diperjuangkan. Berikut saya share dua ungkapan yang saya dapatkan dari seorang motivator yang saya kenal :

“Sukses merupakan akumulasi dan kombinasi dari passion, kerja keras, doa, pengorbanan, cucuran keringat dan air mata, pertaruhan fisik dan perasaan.”

“Bila kau berfikir bisa, maka kau akan bisa. Saat kau yakin mencapai sesuatu, pasti kau akan mencapainya. Dirimu tergantung pada dirimu. Semangat. Selamat dan semangat menjalani hari-hari penuh paksaan. Paksaan untuk yakin bisa, paksaan untuk tetap berusaha. Itulah hakikat perjuangan.”

Saat pertama kali membaca ungkapan ini, keyakinan dan semangat saya seketika bangkit dan sejak saat itu saya sadar bahwa untuk mencapai sesuatu kita membutuhkan keyakinan, usaha, dan doa. Segala sesuatu yang sangat kita inginkan tidak bisa didapatkan secara instant, namun butuh proses yang berkualitas.

Keyakinan
Keyakinan adalah modal awal yang berperan sebagai roh dalam usaha kita. Tanpa keyakinan, usaha yang kita lakukan tidak memiliki jiwa. Dengan keyakinan, otak akan selalu diperintahkan untuk bisa, bisa mencapainya. Perintah secara tidak langsung ini yang akan membangkitkan semangat yang sebelumnya masih sembunyi di alam bawah sadar kita. Ketika semangat itu bangkit dari persembunyiannya, itulah di mana saat keyakinan telah penuh dan siap untuk menjiwai segala usaha kita.

Usaha
Tidak akan mungkin kita akan mencapai apa yang kita impikan tanpa adanya usaha yang keras. Usaha dapat diibaratkan sebagai raga, dan keyakinan sebagai jiwa. Tidak akan mungkin usaha berjalan dengan seharusnya tanpa adanya keyakinan dalam diri kita. Usaha yang berat, keras, dan terus-menerus hingga mencapai titik tertinggi itulah yang dapat dikatakan sebagai perjuangan dan pengorbanan. Maka ketika kita merasakan kelelahan saat berusaha, jangan mengeluh. Inilah proses di mana kita akan mencapai mimpi. Bila mengeluh dan berhenti, mimpi itu semakin jauh dan akan menjadi sangat sulit saat kita akan memulainya lagi.

Doa
Tuhan paling dekat dengan hasil dari semua yang telah kita lakukan. Semaksimal apapun kita berusaha dan yakin, Tuhan-lah yang menghendaki semua. Karena Tuhan tahu apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Bisa jadi apa yang ingin kita capai bukanlah kebutuhan kita, tapi Tuhan Maha Tahu apa yang terbaik. Berserah kepada-Nya atas hasil dari usaha dan keyakinan kita adalah kunci terakhir yang melengkapi pencapaian mimpi kita. Tuhan selalu bersama prasangka hamba-Nya. 

Begitulah mengapa saya memberi judul pada tulisan ini Keyakinan + Usaha + Doa = Mencapai Mimpi, ini kunci-kunci untuk mencapai mimpi kita. Hilang satu saja kunci ini, mimpi akan semakin jauh. Sejauh dan setinggi apapun mimpi itu, bila kita yakin, terus berusaha, dan Tuhan menghendaki kita untuk dapat mencapainya, maka kita akan mencapainya. Tapi bila sejak awal kita tidak memiliki keyakinan, tidak berusaha, dan tidak berdoa, hanya percikan dari mimpi pun kita tidak akan bisa mencapainya. Jadi, mari satukan keyakinan, usaha, dan doa untuk mencapai mimpi.

No comments:

Post a Comment