Tuesday, April 24, 2012

Antara Manusia, Cinta Kasih, dan Kasih Sayang


Menurut kamus umum Bahasa Indonesia karya W. J. S Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta kasih secara beriringan, kata kasih meperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Sebenarnya cinta dan kasih memiliki perbedaan. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih ke luarnya. Dapat diartikan bahwa bersumber dari cinta yang mendalam maka terwujudlah kasih yang nyata.
Dapat dikatakan bahwa cinta adalah makna yang tersirat di dalam hati, sedangkan kasih adalah makna yang tersurat melalui perbuatan, karena kasih lebih condong kepada rasa belas kasihan dan rasa ingin melindungi. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa kasih memperkuat rasa cinta itu benar. Karena cinta dan kasih merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Rasa saling membutuhkan, rasa saling mengasihi, dan rasa saling memiliki semuanya ada pada diri manusia yang memiliki rasa cinta dan kasih.
Kaitannya dalam kehidupan manusia adalah cinta sangat berperan dalam kehidupan kekeluargaan. Terlebih lagi cinta merupakan landasan utama dari ikatan pernikahan pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat di masyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Cinta juga menjadi pengikat yang kokoh antara manusia dan Tuhannya. Sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegang teguh pada syari’at-Nya. Karena cinta tertinggi adalah cinta terhadap Tuhan.
Dalam kehidupan ini, secara garis besar cinta dapat terbagi menjadi cinta kepada Allah, cinta kepada Rasul, cinta kepada diri sendiri, cinta kepada sesama manusia, cinta seksual, cinta kebapakan.  Dalam hal ini sangat terlihat bahwa cinta benar-benar melekat pada kehidupan manusia di setiap saatnya.
Ada satu hal lagi yang berkaitan dengan manusia dan cinta kasih, yaitu kasih sayang. Menurut kamus umum Bahasa Indonesia karya W. J. S Poerwadarminta, pengertian kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kehidupan berumah tangga, kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Karena dalam kehidupan berumah tangga sudah tidak lagi bercinta-cintaan namun saling mengasihi atau saling menumpahkan rasa kasih sayang.
Secara sadar atau tidak sadar, dalam kasih sayang masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan satu kesatuan yang utuh. Selain itu, kasih sayang juga merupakan komunikasi utama dalam suatu keluarga. Terutama komunikasi antara suami dan istri serta orangtua dan anak.
Dapat disimpulkan bahwa cinta dan kasih merupakan media untuk menghubungkan manusia dengan Tuhan serta mempersatukan manusia dengan manusia, baik itu antara lawan jenis maupun dalam suatu keluarga. Sedangkan kasih sayang merupakan media komunikasi antara manusia dengan manusia, baik itu antara lawan jenis maupun dalam sutu keluarga. Sehingga cinta dan kasih serta rasa kasih sayang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia setiap waktunya.

Sumber :
Buku Paket Ilmu Budaya Dasar Universitas Gunadarma.
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/04/06/manusia-dan-cinta-kasih/

No comments:

Post a Comment